Selasa, 25 Agustus 2009

Cara Bikin Red Scale

Di jaman modern seperti sekarang ini mungkin kamera yang masih menggunakan film negatif di bilang kuno atau "ga banget deh". Tapi bagi beberapa orang termasuk saya beranggapan bahwa kamera yang masih menggunakan film (biasa di sebut dengan kamera manual) unik. Di lihat dari berbagai sisi, cara memasang film (kamera digital ga usah repot-repot seperti ini), hasilnya (kadang harapan saat memotret dan hasil tidak sejalan), tapi dari berbagai hal yang merepotkan itu yang membuat kamera manual ini unik dan saya suka.

Di semarang sendiri ada beberapa komunitas yang mengkoleksi kamera manual, dan komunitas saya salah satunya (LOEMPIA). Komunitas yang mencintai kamera mainan atau yang sekarang dianggap trend kamera LOMO. Padahal di komunitas kami tidak hanya lomo yang berbicara tapi semua kamera yang menggunakan plastic lens seperti fujica M1, vivitar, Olympus Pen, dan lain - lain.

Sekilas tentang hobby dan komunitas saya..

Saya akan membagikan ilmu yang saya dapat dan jujur sampai saat saya posting tulisan ini saya belum mempraktekkan teknik ini, hihiii....

Redscale adalah teknik membalik film, jadi bagian film yang biasanya menghadap ke lensa (bagian yang peka cahaya) dihadapkan ke bagian belakang dan bagian yang kurang peka cahaya dihadapkan ke lensa.

CARA BIKIN RED SCALE :

1. siapkan canister film kosong yang masih ada ’buntutnya’ (bisa minta ke lab photo) dan 1 film 35mm

2. potong ujung bagian film 35mm hingga rata

3. tempel ke dua film menggunakan isolasi (disarankan menggunakan isolasi hitam kecil, lebih kuat daripada isolasi bening –kejadian biasanya film suka putus di tengah2 kalo isolasi bening)

perhatikan posisi kedua film

4. kemudian putar/gulung film ke arah canister yang kosong (bisa manual, bisa pake gunting). LAKUKAN HAL INI DI KAMAR GELAP/CHANGING BAG. GAK BOLEH ADA CAHAYA SEDIKITPUN

5. kalo film sudah kegulung masuk semua, potong dan sisakan sedikit untuk bikin redscale berikutnya

6. potong film yang akan digunakan sebagai redscale seperti gambar berikut

selamat mencoba!!

Cek : http://flickrs.com/groups/redscale/pool/

*tambahan:
fuji film superia warna yang dihasilkan bisa merah darah
lucky color oranje kemerahan
horicolor dan centuria kuning

Sumber : http://www.kaskus.us/showpost.php?p=77519563&postcount=50


Thanks to mayang, dhika dan ony (para kalongers, para guru dan para kaskuser)

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes